Madrasah dan Pondok Pesantren di Lumajang Jadi Korban Penipuan

Madrasah dan Pondok Pesantren di Lumajang Jadi Korban Penipuan
Selasa, 20 April 2010 | 15:23 WIB
Besar Kecil Normal

TEMPO Interaktif, LUMAJANG – Lembaga pendidikan agama di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, seperti madrasah tingkat ibtidaiyah hingga tingkat aliyah serta pondok pesantren menjadi korban penipuan oknum yang mengatasnamakan Departemen Agama.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Masjid Departemen Agama Kabupaten Lumajang M Mudhofar mengatakan, oknum yang belum diketahui identitasnya tersebut menghubungi pengelola lembaga pendidikan tersebut melalui telpon bahkan surat. Mereka diberitahu akan mendapatkan bantuan dana dari Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Timur. “Kasihan, banyak kiai yang tertipu,” ujarnya, Selasa (20/4).

Kepada para korban, oknum yang juga mencatut nama pejabat di Kanwil Departemen Agama Jawa Timur itu meminta pimpinan lembaga pendidikan serta pondok pesantren untuk menemui seseorang di Kantor Kanwil. Mereka diminta membawa proposal permohonan bantuan serta menyetorkan uang administrasi ke nomor rekening yang diberikan. ”Ada yang mengaku setor Rp 10 juta, Rp 15 juta, hingga Rp 20 juta,” tutur Mudhofar pula. Namun dia tidak menjelaskan berapa banyak korban penipuan tersebut.

Para kia dan pimpinan lembaga pendidikan agama itu sadar menjadi korban penipuan setelah mendapatkan penjelasan Departemen Agama Lumajang bahwa tidak benar ada bantuan dana dari Kanwil Departemen Agama Jawa Timur.

Mudhofar menjelaskan, kalau ada bantuan dana biasanya diberikan melalui Departemen Agama Lumajang. Dia mengakui para kiai menjadi korban penipuan akibat terbatasnya akses informasi yang dimiliki para kiai dan pimpnan lembaga pendidikan agama tersebut. Dia meminta para kiai maupun pimpinan lembaga pendidikan agama untuk mengkonfirmasi setiap informasi ke Departemen Agama. DAVID PRIYASIDHARTA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s