SOAL UAS XI IPS

I. PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR !
1 Berikut ini ialah kelompok candi yang terdapat di Jawa Timur, yaitu candi . . . .
a. Jago, Kidal, dan Badut
b. Kidal, Kalasan, dan Prambanan
c. Penataran, Prambanan, dan Borobudur
d. Penataran, Kalasan, dan Prambanan
e. Jago, Penataran, dan Prambanan

2 Pengunaan sesaji dan bunga dalam tradisi ziarah merupakan bentuk perpaduan antara . . . .
a. Islam dan tradisi lokal
b. Tradisi lokal dengan Hindu
c. Tradisi Hindu dengan Budha
d. Tradisi Budha dengan budaya lokal
e. Islam dengan Hindu-Budha

3 Teori yang menempatkan bangsa India sebagai pemegang peranan aktif dalam proses masuknya
pengaruh agama Hindu-Budha di Indonesia, yaitu teori . . . .
a. Brahmana d. kolonisasi
b. Waisya e. arus balik
c. Ksatria

4 Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan
candi terlihat dari . . . .
a. Rlief yang dilukiskan pada candi
b. Arca atau patung yang terdapat pada candi
c. Bentuk stupa
d. Bentuk candi yang berupa punden berundak
e. Hiasan yang terdapat pada candi

5 Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan oleh Kerajaan Singosari terjadi pada masa kekuasaan raja . . . .
a. Anusapati d. Tohjaya
b. Kertanegara e. Wisnuwardhana
c. Sri Ranggah Rajasa

6 Letak strategis Indonesia memberikan keuntungan bagi masyarakat Indonesia dalam bidang
budaya misalnya . . . .
a. Pulau-pulau di Indonesia jadi banyak dikunjungi pedagang asing
b. Masyarakat di Indonesia mengenal agama Hindu, Budha, Islam, dan Kristen
c. Masyarakat Indonesia mulai membentuk kerajaan bercorak Hindu-Budha
d. Masyarakat Indonesia sering mengalami peperangan antarsesamanya karena perbedaan
keyakinan
e. Masyarakat Indonesia mengenal corak arsitektur yang baru seperti candi dan masjid

7 Perang saudara di Kerajaan Majapahit yang terjadi setelah berakhirnya kekuasaan raja Hayam
Wuruk dikenal dengan nama perang . . . .
a. Bubat d. Ranggalawe
b. Paregreg e. Sora
c. Lasem
8 Berikut ini yang tidak termasuk faktor-faktor Sriwijaya berperan sebagai Kerajaan Maritim terbesar
di Asia Tenggara adalah . . . .
a. Letaknya strategis
b. Pusat agama Budha Mahayana
c. Berhasil mengalahkan kerajaan Funan
d. Menjadi pusat perdagangan
e. Adanya ekspedisi Pamalayu

9 Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 hal ini didasarkan pada . . . .
a. Catatan-catatan Marco Polo ketika berkunjung ke Perlak
b. Berita dari India yang bersumber dari para pedagang Gujarat
c. Berita dari Arab, yakni para pedagang arab yang mengadakan hubungan dagang dengan
Kerajaan zabag
d. Berita dari China yang ditulis oleh Ma Huan
e. Batu nisan Fatimah binti Maimun

10 Penyebaran agama Islam di Indonesia berjalan secara cepat karena . . . .
a. Proses pelayaran dan perdagangan
b. Dasar-dasar keimanan sudah dimiliki
c. Bangsa Indonesia mampu menyeleksi budaya
d. Pengaruh Hindu hanya dirasakan bangsawan
e. Ajaran Islam mempunyai toleransi tinggi

11 Tradisi Islam yang pelaksanaannya tidak dipengaruhi oleh budaya pra sejarah dan Hindu-Budha
adalah . . . .
a. Nyekar d. ziarah
b. Halal bi halal e. tahlilan
c. Nyadran

12 Bentuk wayang merupakan penggambaran manusia secara tersamar setelah adanya pengaruh
ajaran Islam sebab . . . .
a. Penggambaran makhluk hidup tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam
b. Memiliki mata hanya satu
c. Proporsi tangannya lebih panjang daripada tangan normal
d. Digambarkan dalam relief-relief candi
e. Karena bentuk kaligrafi dapat untuk membuat wayang

13 Masyarakat Indonesia yang berada di daerah pesisir dengan cepat menerima Islam dibandingkan
yang dipedalaman. Hal ini disebabkan .
a. Agama Islam agama yang demokratis
b. Banyak bergaul dengan para pedagang
c. Para pedagang Islam hanya bergaul dengan para pedagang Islam
d. Para pedagagng membentuk perkampungan sendiri
e. Agama Islam mudah dipelajari dan sederhana dalam upacara keagamaan

14 Peradaban Hindu mudah diterima oleh masyarakat Indonesia karena . . . .
a. Adanya persamaan peradaban Hindu dengan peradaban Indonesia
b. Telah lama ada hubungan antara India dan Indonesia
c. Dasar-dasar peradaban Hindu telah lama dimiliki oleh bangsa Indonesia
d. Masuknya peradaban Hindu berlangsung damai
e. Bangsa Indonesia termasuk bangsa yang mudah menerima pengaruh dari luar

15 Perbedaan tengku dan teuku dalam kehidupan sosial Kerajaan Aceh adalah .
a. Tengku adalah bangsawan, teuku adalah ulama
b. Tengku pembeli, teuku penjual
c. Tengku pemodal, teuku petani
d. Tengku rakyat, teuku bangsawan
e. Tengku ulama, teuku bangsawan

16 Salah satu ciri asli budaya lokal Indonesia dalam seni pertunjukan wayang, yaitu dengan lahirnya
tokoh . . . .
b. Arjuna d. Gatotkaca
c. Bhatara Guru e. Punakawan
d. Dewi Sri

17 Faktor yang mendorong perkembangan kerajaan Demak adalah .
a. Rakyatnya patuh
b. Jumlah rakyat lebih banyak dari bangsawan
c. Dipimpin oleh wali sanga
d. Hancurnya Kerajaan Majapahit
e. Didirikan oleh Raden Patah
18 Di bawah ini wali yang tidak berdakwah melalui media seni adalah . . . .
a. Sunan Giri d. Sunan Muria
b. Sunan kudus e. Sunan Drajat
c. Sunan Kalijaga

19 Langgam Jawa yang disisipi unsur Islam yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga adalah . . . .
a. Dandanggula d. Ilir-ilir
b. Sinom e. Jamuran
c. Kinanthi

20 Salah satu komoditas rempah-rempah Aceh dan Banten yang sangat laku di pasaran internasional
adalah . . . .
a. Cengkeh d. rotan
b. Lada e. pala
c. Kayu damar
II. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR !
1 Jelaskan tentang tradisi sekaten!

2 Siapa saja yang termasuk kaum waisya?

3 Ceritakan dengan singkat Kerajaan Majapahit mulai dari awal berdiri hingga menjadi Negara
Nusantara!

4 Jelaskan tentang teori arus balik pada persebaran agama Hindu-Budha di Indonesia!

5 Sebutkan 3 sebab runtuh dan hancurnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di wilayah Indonesia!

6 Sebutkan tokoh wali songo dan wilayah dakwahnya!

7 Jelaskan perpaduan antara tradisi lokal, Hindu-Budha dan Islam dalam pertunjukan wayang!

8 Bagaimana tatacara pemberian nama awal pada anak-anak di lingkungan masyarakat Bali?

9 Sebutkan 3 alasan mudahnya agama Islam diterima dan berkembang pesat di Indonesia!

10 Berikan contoh riil pendekatan kultural yang digunakan para ulama dalam mengenalkan Islam!

LATIHAN SOAL UAS GANJIL SEJARAH KELAS XI SMA

1.    Perhatikan data berikut !
1)    Kisah perjalanan Ferdinand Magellans
2)    Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani tahun 1453
3)    Adanya semangat penaklukan & pembalasan dendam (reqoncuesta) terhadap umat Islam akibat Perang Salib
4)    Berkembangnya teknik pelayaran & ditemukannya kompas
5)    Pembuktian teori Archimedes
Faktor yang paling tepat dalam mendorong kedatangan bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera ke Nusantara ialah …
a.    1, 2, dan 3    d.    2, 4, dan 5
b.    1, 3, dan 5    e.    3, 4, dan 5
c.    2, 3, dan 4

2.    Perhatikan gambar berikut !
Ia adalah tokoh penjelajah yang berhasil sampai di …
a.    Tanjung Harapan
b.    Goa
c.    Ternate
d.    Kepulauan Karibia
e.    Malaka

3.    Perhatikan nama-nama berikut !
1)    Christoper Colombus    4)    Vasco da Gama
2)    Ferdinand Magellan    5)    De Abreu
3)    Sebastian de Elcano
Tokoh-tokoh yang menjadi penjelajah samudera dari bangsa Spanyol adalah …
a.    1, 2, dan 3    d.    2, 4, dan 5
b.    1, 3, dan 5    e.    3, 4, dan 5
c.    2, 3, dan 4

4.    Perhatikan gambar berikut !
Ia adalah tokoh penjelajah yang berhasil sampai di …
a.    Tanjung Harapan
b.    Goa
c.    Ternate
d.    Kepulauan Karibia
e.    Malaka

5.    Rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh bangsa Eropa, karena …
a.    Sebagai obat, pengawet & bumbu makanan
b.    Komoditas perdagangan yang mahal harganya
c.    Simbol status seseorang
d.    Langkah awal menguasai daerah lain
e.    Pengeksploitasi kekayaan tanah jajahan

6.    Salah satu faktor pendorong kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, khususnya Nusantara ialah semangat Reconquesta, yaitu
a.    Semangat melakukan penaklukan atau balas dendam terhadap orang-orang yang beragama Islam
b.    Semangat melakukan pelayaran keliling dunia untuk membuktikan teori bahwa bumi itu bulat
c.    Semangat mencari daerah penghasil rempah-rempah
d.    Semangat menguasai perdagangan rempah-rempah
e.    Semangat menyaingi para pedagang Asia

7.    Bangsa Portugis berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511 di bawah pimpinan …….
a.    De Abreu
b.    Ferdinand Magelhaens
c.    Alfonso de Albuquerque
d.    Yuan Sebastian delCano
e.    Cornelis de Houtman

8.    Persamaan Portugis dan Spanyol dalam hal ekspedisi mencari daerah produsen rempah-rempah adalah ……..
a.    Keduanya merupakan persekutuan pedagang swasta
b.    Setiap ekspedisi dipelopori oleh kerajaan
c.    Sama-sama menentang hasil perjanjian Tordesilas
d.    Bekerja sama menerapkan monopoli perdagangan rempah-rempah
e.    Bekerja sama dengan rakyat pribumi untuk mendapatkan rempah-rempah

9.    Rombongan ekspedisi penjelajahan samudera bangsa Belanda yang mendarat pertama kali di Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh ……
a.    Ferdinand de Magelhaends
b.    Juan Sebastian del Cano
c.    Alfonso de Albuquerque
d.    Cornells de Houtman
e.    De Abreu

10.    Pemerintah Belanda mendirikan VOC dengan tujuan …
a.    Menyaingi pedagang Inggris di India
b.    Merebut perdagangan Portugis di Indonesia
c.    Memperkuat posisi Belanda dalam persaingan dengan bangsa Eropa ataupun dengan bangsa asia lainya
d.    Mencegah persaingan di antara pedagang Belanda
e.    Mencegah persaingan antara pedagang Spanyol dan Portugis di Indonesia

11.    Berikut ini merupakan hak-hak istimewa (octroii) yang dimiliki oleh VOC, kecuali …
a.    Memiliki angkatan perang sendiri
b.    Membatalkan perjanjian
c.    Mencetak mata uang sendiri
d.    Membuat perjanjian dan menyatakan perang
e.    Memonopoli perdagangan rempah-rempah

12.    VOC menerapkan politik adu domba antar kerajaan-kerajaan di Nusantara untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan sebesar-besarnya. Politik tersebut dikenal dengan nama…..
a.    Devide et impera    d.    Cultuur stelsel
b.    Devide et rente    e.    Devide et vadem
c.    Cultuur Procenten

13.    Faktor utama yang menyebabkan VOC dibubarkan adalah …
a.    Pejabatnya bekerja secara maksimal
b.    Perang kemerdekaan Belgia
c.    Kekosongan kas akibat perang Diponegoro
d.    Pegawainya banyak yang korupsi
e.    Daerah pasaran VOC direbut oleh EIC

14.    Tokoh di samping membuat kebijakan membangun jalan raya Anyer-Panarukan. Apa nama kerja paksa yang diberlakukan Belanda untuk hal tersebut ….
a.    Romusha    d.    Rodi
b.    Roki    e.    Apartheid
c.    Hongi

15.    Tugas utama Gubernur Jenderal Daendels di Indonesia yaitu ……
a.    Mempertahankan Jawa dari serangan Inggris
b.    Menegakkan monopoli perdagangan
c.    Memperkuat pertahanan di Maluku
d.    Mengatur pemerintah di Indonesia
e.    Merebut daerah Maluku dari tangan Portugis

16.    Pelaksanaan Sistem Tanam Paksa (Cultuur Stelsel) di Indonesia diterapkan pada masa pemerintahan …
a.    J. P. Coen    d.    Van den Bosch
b.    Van den Berg    e.    Van Deventer
c.    Baron van Hoevel

17.    Yang termasuk ke dalam komoditas tanaman ekspor yang wajib ditanam oleh pribumi saat pelaksanaan Tanam Paksa ialah …
a.    Kopi, teh, cengkeh
b.    Teh, tebu, gula
c.    Kina, kopi, pala
d.    Teh, tembakau, beras
e.    Tembakau, kopi, tebu

18.    Salah satu peninggalan masa pemerintahan Raffles yang terkenal adalah ……
a.    Monopoli rempah-rempah
b.    Membangun pangkalan angkatan laut di Merak dan Ujung Kulon
c.    Buku History of Java
d.    Meniadakan transaksi dengan mata uang
e.    Menghapus sistem Lnadrent

19.    Meningkatkan angka migrasi penduduk dari Jawa ke Sumatra Timur disebabkan oleh ……..
a.    Pembukaan perkebunan secara besar-besaran
b.    Besarnya tekanan pemerintah klonial di Jawa akibat sistem tanam paksa
c.    Banyak aktivitas pergrakan nasional yang dibuang ke Sumatra Timur
d.    Penyempitan areal pertanian karena pertambahan jumlah penduduk
e.    Berkembangnya wabah penyakit menular di Jawa

20.    Tokoh pada gambar di samping pada tahun 1860 menulis buku berjudul Max Havelaar. Dalam buku tersebut, ia menggunakan nama samaran Multatuli yang artinya ….
a.    Saya penulis buku Max Havelaar
b.    Semangat rakyat kecil
c.    Saya seorang Belanda
d.    Lelang kopi perdagangan Belanda
e.    Saya sangat menderita

21.    Munculnya Politik Etis dilatarbelakangi …
a.    Kemakmuran Belanda hanya dinikmati ole kalangan tertentu saja
b.    Sekelompok rakyat jajahan mengalami penindasan
c.    Tindakan sewenang-wenang pemerintah kolonial Belanda terhadap rakyat Jawa
d.    Kemakmuran Belanda tidak diimbangi dengan kesejahteraan wilayah jajahan
e.    Keuntungan perdagangan hanya dinikmati oleh kalangan pengusaha swasta

22.    Tokoh wanita dari Maluku yang memimpin perlawanan terhadap kesewenangan pemerintah Belanda adalah ……..
a.    Christina Martha Tiahahu
b.    Cut Meutia
c.    Cut Nyak Dien
d.    Dewi Sartika
e.    R.A. Kartini

23.    Untuk mengatasi perlawanan Pangeran Diponegoro, Gebjend Van der Capellen menugaskan Jenderal Marcus de Kock menjalankan strategi Benteng Stelsel. Tujuan strategi tersebut adalah …
a.    Untuk mempercepat perundingan perdamaian
b.    Untuk memisahkan Pangeran Diponegoro dengan pihak keraton
c.    Untuk mengelabui rakyat agar mendukung Belanda
d.    Untuk mempersempit ruang gerak pasukan Diponegoro
e.    Melemahkan perekonomian rakyat

24.    Kesewenang-wenangan memaksakan monopoli, mengakibatkan masyarakat menenetang ambisi VOC di Goa (Makassar) sehingga meletus “Perang Goa” yang dipimpin oleh…
a.    Imam Bonjol    d.    Sultan Agung
b.    Pangeran Nuku     e.    Teuku Umar
c.    Sultan Hasanuddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s